Arab Saudi Hancurkan 9 Gudang Persenjataan Houthi di Sanaa

  • Bagikan

Pasukan koalisi Arab telah melakukan serangan udara untuk menghancurkan gudang persenjataan Houthi di sebuah kamp di ibukota Yaman, Sanaa, Jumat pagi (24/12/2021).

Sumber-sumber yang berasal dari pasukan koalisi Arab Saudi dan pemerintah Yaman mengatakan Houthi sebelumnya diperingatkan untuk melepaskan senjata yang disimpan di daerah berpenduduk. 

Pendukung Houthi berhasil memindahkan senjata ke kamp Al-Tashreefat saat tenggat waktu semakin dekat, tetapi pasukan koalisi melihat mereka dan mengambil tindakan yang diperlukan. Demikian seperti yang dilansir Al-Ekhbariyah.

Koalisi menghancurkan 9 gudang senjata di kamp tempat senjata itu dipindahkan. 

Serangan udara itu dilakukan menyusul penyitaan sejumlah besar senjata oleh Angkatan Laut AS dari kapal penangkap ikan yang diyakini menuju Yaman pada hari Senin.

Kapal yang diyakini berlayar dari Iran dicegat oleh patroli Angkatan Laut AS di bagian utara Laut Arab di lepas pantai Oman dan Pakistan.

“Para pelaut naik ke kapal dan menemukan 1.400 senapan gaya Kalashnikov dan 226.600 butir amunisi, serta lima awak Yaman,” kata Angkatan Laut AS.

Iran diyakini mendukung milisi Houthi di Yaman dalam upaya mereka untuk menguasai negara Yaman di selatan Arab Saudi.

Sejak 2015 setelah koalisi negara-negara Arab yang dipimpin oleh Arab Saudi datang untuk membantu pemerintah Yaman, Houthi tanpa henti meluncurkan serangan rudal, roket, dan pesawat tak berawak ke pusat-pusat sipil di Yaman dan Arab Saudi.

  • Bagikan