Dosen Manajemen Unpam Berikan Motivasi Kepada PKBM Bhakti Asih Ciledug, Tangerang Tangsel

  • Bagikan

Dosen-dosen Program Studi Manajemen S1 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pamulang melaksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Bhakti Asih Ciledug, Tangerang. 

Kegiatan PKM yang dikemas secara daring, Rabu (10/11/2021) malam itu, diikuti 40 peserta yang merupakan siswa dan siswi PKBM. PKM yang digelar dengan tujuan untuk memberikan motivasi kepada peserta didik yang ada di PKBM Bhakti Asih itu menghadirkan nara sumber dari Unpam yaitu Iman Lubis, Syamruddin, Andi Sopandi, Sri Sukapti, dan Fathur Rahman. Sementara itu tampak pula hadir Salman Alfarisi, mewakili pengurus PKBM.

Kegiatan pengabdian yang mengambil tema: “Pancasila dan Perdagangan di Era Globalisasi” ini, mendapat apresiasi yang sangat luar biasa dari para peserta. Banyak pertanyaan yang diajukan menunjukkan siswa dan siswi PKBM sangat antusias dalam mengikuti acara sejak awal sampai akhir.

Ketua Pengabdi Iman Lubis mengatakan, fenomena pengimplementasian Pancasila di era globalisasi masih saja menjadi masalah yang selalu muncul. Arus perdagangan di luar negeri membawa kebaikan serta keburukan jika tidak disaring dengan baik oleh warga negara Indonesia, khususnya siswa dan siswi PKBM Bhakti Asih.

Hal ini membuat adanya gap dari para masyarakat khususnya para warga PKBM antara kebanggaan budaya Indonesia dengan budaya asing yang dibawa sebagai akibat dari perdagangan bebas.

“Pentingnya pembekalan warga PKBM dalam melakukan kegiatan ekonominya seperti berdagang, berjualan kosmetik, ojek, pengamen, dan sebagainya. Warga PKBM Bhakti Asih diberikan pembekalan tentang pemasaran. Salah satunya bagaimana cara meng-upload barang dagangan mereka ke Youtube sehingga dikenal banyak orang yang pada akhirnya akan meningkatkan pendapatan,” ujarnya.

Syamruddin, yang memberikan materi tentang Strategi Pemasaran dan Perdagangan Global memaparkan pentingnya menguasai konsep bauran pemasaran yang minimal terdiri dari 4P yaitu product (produk), price (harga), promotion (promosi), dan place (tempat/distribusi).

Dengan kemampuan siswa dan siswi PKBM Bhakti Asih menguasai konsep yang lebih dikenal dengan marketing mix ini, diharapkan kelak dapat membantu dalam mengemas dengan baik barang atau jasa yang akan mereka jual atau tawarkan.

“Misalnya melakukan strategi promosi bisnis kekinian. Paling tidak ada 10 strategi yang bisa dilakukan yakni pemasaran sosial media, membuat website, penjualan melalui marketplace, membuat video promosi melalui Youtube, pemasaran dengan menggunakan meme, endorsement kepada selebgram, membuat spanduk atau brosur menarik, memahami target pasar produk, masuk ke komunitas sesama pebisnis, dan memperluas relasi dengan media.”

Sementara itu Salman Alfarisi, Wakil Kepala Sekolah PKBM menyambut baik acara yang dilaksanakan oleh dosen-dosen Unpam dalam bentuk PKM ini.

Apalagi tema yang diambil sangat relevan, di mana Pancasila harus menjadi benteng dalam menghadapi derasnya arus globalisasi dewasa ini.

“Kita punya Pancasila yang harus kita jaga dan kita rawat. Termasuk juga kita jadikan Pancasila sebagai landasan dalam membangun konsep ekonomi di tengah masyarakat kita,” tandasnya.

  • Bagikan