Cara Walikota Airin Kenalkan Batik Khas Tangsel

  • Bagikan
p1b1li6vh1156j174i8ipnmtj6v6
p1b1li6vh2c5rm8i1hjo1h411vsu7
p1b1li6vh1ngh1e911pba1r881c745
p1b1li6vh1ngh1e911pba1r881c745
p1b1li6vh0p4n1me119ut1ks1h4t4

KliksajaBanten.co РDinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Dinkop UKM) Kota Tangerang Selatan memberikan pelatihan  desain membatik kepada 100 ibu rumah tangga di Kelurahan Benda Baru Kecamatan Pamulang, Rabu 16 November 2016.

Kegiatan bertajuk ‘Desain Kreasi Batik Kota Tangsel yang Inovatif Dengan Kearifan Lokal Menuju Daya Saing yang Kompetitif’ ini diharapkan mampu menopang perekonomian dan kesejahteraan masyarakat.

Selain diberi pelatihan dan bantuan peralatan membatik, mereka juga mendapatkan pendampingan dari para profesional untuk memberikan saran konsultasi bagi peserta, sehingga sesuai pakem cara membatik yang benar.

Walikota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany yang hadir dalam dalam pelatihan itu menyarankan kepada para peserta untuk tekun dan telaten serta pantang menyerah. Karena pelatihan ini nantinya juga dapat menopang ekonomi keluarga jika diseriusi.

“Kegiatan ini agar diikuti dengan serius bisa dilanjutkan di rumah. Jika ada tetangga yang ingin belajar tularkanlah ilmunya supaya mereka bisa mengembangkan kreasi batik,” ujar Airin.

Ia juga berharap warga yang mengikuti pelatihan ini mengedepankan motif Khas Tangsel seperti motif bunga anggrek atau ciri khas yang ada di Tangsel lainnya.

“Terutama batik yang mencirikan khas Tangsel dengan harapan dapat mempromosikan tangsel ke luar daerah,” pungkas Airin.

Sementara itu, Kepala Dinkop dan UKM Tangsel, Warman Syanudin juga berpesan bahwa peralatan batik yang sudah diberikan seperti canting, kompor dan bahan lain untuk kelengkapan membatik berjumlah 50 set dirawat secara baik.

“Kami berikan bantuan peralatan membatik kepada peserta. Satu set untuk dua hingga tiga orang dengan total yang kami berikan sebanyak lima puluh set,” jelas Warman.

Kegiatan ini juga memamerkan produk batik Tangsel yang cukup khas dan sudah banyak dipesan ke luar negeri.

“Batik asal Tangsel kerap dipamerkan di berbagai negara dan sekarang sudah banyak berlangganan setiap bulannya. Ini membanggakan sekali tentunya bukan hanya motif yang bagus, tetapi kualitas bahannya juga berkualitas,” papar Warman.

Selain itu ada juga peragaan busana batik dari berbagai model, seperti batik untuk setelan hijab, setelan untuk kerja, serta batik untuk resepsi. Beragam dasar batik, didesain dalam berbagai bentuk yang tentunya menarik.

  • Bagikan