Banten Usulkan KH Tb Ahmad Chatib ibn Wasi’ Al-Bantani jadi Pahlawan Nasional

  • Bagikan

KliksajaBanten.co – Pemerintah Provinsi Banten akan mengusulkan pejuang daerah KH. Tb. Ahmad Chatib ibn Wasi’ Al-Bantani untuk menjadi pahlawan nasional.

Menurut Kepala Dinas Sosial Provinsi Banten, Ino S Rawita, usulan yang disampaikan Pemkot Serang melalui Seksi Nilai-nilai Kepahlawanan, Keperintisan, Kejuangan dan Kesetiakawanan Sosial (NK4S) Dinas Sosial Kota Serang, persiapan dan persyaratan pengajuan Ahmad Chatib ibn Wasi’ Al-Bantani sebagai pahlawan nasional sudah mencukupi.

“Sudah ada satu daerah yang mengusulkan pahlawan nasional yakni Kota Serang. Ini masih kita kaji melalui Tim Penilai Pengajuan Gelar Pahlawan Daerah (TP2GD) Banten,” ujar Ino S Rawita di Serang beberapa waktu lalu.

Tak hanya itu, TP2GD juga telah merampungkan sejumlah data otentik bukti perjuangan yang dilakukan penggagas Oeang Republik Indonesia Daerah Banten (Oridab) tersebut.

“Setelah kita kaji nanti diusulkan ke pusat. Mudah-mudahan tahun ini bisa terkejar sehingga pada saat Hari Pahlawan nanti bisa diketahui diterima atau tidak usulannya,” kata Ino.

Pada kesempatan itu Ino juga menjelaskan, penentuan seseorang yang dianggap pejuang di daerahnya untuk dinobatkan sebagai pahlawan nasional tidak mudah. Karena harus ada bukti-bukti otentik melalui kajian mengenai bukti keperintisan dan perjuangan orang tersebut.

“Kan bersaing dengan daerah lain. Dulu juga kita mengusulkan Ki Wasid setelah dua tahun dikembalikan lagi untuk melengkapi data-data. Ini harus daftar awal lagi kalau dikembalikan,” terang Ino.

Untuk itu lanjut Ino, pihaknya memberi kesempatan kepada kabupaten/kota lainnya di Banten yang memiliki para pejuang di daerahnya untuk mempertahankan bangsa dan negara, segera diusulkan ke Dinas Sosial Provinsi Banten untuk dikaji.

“Tentunya usulan itu harus dilengkapi dengan data-data dan fakta yang otentik bukti perjuangannya. Karena nanti tim pusat juga akan turun ke daerah untuk mengkaji,” pungkas Ino.

Sebelumnya, Seksi Nilai-nilai Kepahlawanan, Keperintisan, Kejuangan dan Kesetiakawanan Sosial (NK4S) Dinas Sosial Kota Serang Iif Muhammad Arif mengatakan, selain mengajukan KH. Tb. Ahmad Chatib ibn Wasi’ Al-Bantani, pihaknya juga sedang menggodok dan menggali data dan fakta bukti perjuangan dua tokoh perjuang masyarakat Banten yakni Yusuf Martadilaga dan Abdul Fatah Hasan.

  • Bagikan