Manfaatkan Bantuan Program PKH, Warga Tangerang Julaiha Kini Sukses Jadi Pengusaha

  • Bagikan

Berawal dari Program Keluarga Harapan (PKH) yang didapatnya dari Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Dinas Sosial, Julaiha mampu memanfaatkan bantuan tersebut dengan tepat.

Kini berkat bantuan tersebut, Julaiha mampu menjadi pengusaha sukses dengan brand Soto Betawi dan Sop Iga Mpok Leha, yang beralamatkan di Jalan Beringin Raya Blok 27 no 26, Kelurahan Karawaci Baru, Kecamatan Karawaci, Kota Tangerang.

“Pertama kali dapet bantuan PKH itu 2018, waktu itu saya dan suami penghasilannya ga menentu, anak juga lagi sekolah. Alhamdulillah adanya bantuan dari Pemkot saya gunakan untuk nambah-nambah modal usaha dan usahanya bisa sampai sekarang ini dan saya pun berhenti dari PKH,” ucap Julaiha, Pemilik Soto Betawi Mpok Leha.

Berawal dari membantu sang ibu berjualan soto betawi, Leha mengalami pasang surut usaha. Dimulai dari berjualan di sekitar rumah, hingga pindah ke jalan raya yang padat dilalui pengendara. Dan kini mendapat omset puluhan juta setiap bulannya.

“Awal-awal jualannya di rumah, gang-gang gitu. Cuman saya berpikir kalo gini aja ga bisa maju, lalu saya nekat sewa ruko ini. Waktu itu harganya 25 juta perbulan, ya seiring berjalannya waktu sekarang saya bisa menyewa ruko dua dengan penghasilan 5 sampai 7 juta setiap harinya,” lanjut Leha.

Setelah melalui proses panjang, kini Leha keluar dari PKH Kecamatan Karawaci, dan dirinya sudah bisa membantu sesama di sekitar lingkungannya.

“Dulu memang saya menerima PKH dan usaha saya bisa maju seperti ini berkat bantuan PKH juga. Dan alhamdulillah, sekarang saya sudah bisa sekolahin anak sampai universitas dan saya sudah tidak menerima PKH. Insyaa Allah selalu memberi kepada orang-orang yang membutuhkan di sekitar rumah saya,” cerita Leha.

Inovasi dan kreasi rasa pun tak pernah henti Leha lakukan, hingga kini berbagai menu hadir di warung makan miliknya.

“Pasti ya harus ngikutin pasar, sekarang ada empat menu. Mulai dari Soto Betawi kuah susu dan bening, Soto Mie sama Sop Iga. Pokoknya semua sesuai selera,” katanya.

Pengunjung pun silih berganti berdatangan menikmati soto buatannya, salah satunya Zaenal.

“Ya bangga, kalo dengar cerita Bu Leha yang tadinya PKH kini bisa bangkit dan memiliki banyak karyawan. Memang rasa sotonya ini tidak ada tandingannya. Apalagi kelembutan daging dan rasa rempah-rempahnya yang kuat,” katanya.

Soto Betawi dan Sop Iga Mpok Leha juga bisa dinikmati melalui aplikasi pemesanan ojek online. Atau bisa juga mampir ke rumah makannya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan tentunya

 

  • Bagikan