Bersiap Menghadapi Musim Hujan, Baznas (Bazis) DKI Jakarta Berikan 35 Perahu

  • Bagikan

Baznas (Bazis) DKI Jakarta memberikan 35 unit perahu recycle yang akan di sumbangkan ke kelurahan-kelurahan rawan banjir di wilayah Ibu Kota.

Ketua Baznas (Bazis) DKI Jakarta KH Ahmad Luthfi Fathullah mengatakan perahu-perahu tersebut digunakan untuk membantu evakuasi warga apabila terjadi banjir, mengingat fenomena La Nina yang berdampak pada tingginya curah hujan.

“Melalui Baznas (Bazis) Tanggap Bencana, semua potensi yang kita miliki dikerahkan, dengan apel kesiapsiagaan musim hujan hari ini, kita ingin meyakinkan kepada seluruh masyarakat, bahwa kita siagakan penuh Tim Tanggap Bencana dan para relawan untuk persiapan memasuki musim hujan,” jelas dia.

Sumbangan perahu tersebut diberikan Baznas (Bazis) DKI Jakarta dalam apel kesiapsiagaan menghadapi musim hujan di Ibu Kota di Lapangan JICT II, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Rabu (04/11/2020).

Apel tersebut dipimpin langsung oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Dalam kesempatan tersebut, Anies menyampaikan musim hujan tahun ini menjadi tantangan yang berat bagi DKI Jakarta.

Selain karena pandemi COVID-19, musim hujan tahun ini juga diiringi dengan badai La Nina yang berdampak pada tingginya curah hujan.

“Karena itulah kita semua yang berada di tempat ini adalah pribadi-pribadi yang mendapatkan tugas dari negara untuk memastikan bahwa Ibu Kota Republik Indonesia tetap terjaga, tetap siaga, dan bisa menghadapi semua tantangan dengan sebaik-baiknya,” kata Anies.

Dia menambahkan, apel kesiapsiagaan musim hujan memberikan pesan kepada masyarakat bahwa Pemprov DKI Jakarta telah siap menghadapi musim hujan di Ibu Kota.

“Tiga kata kunci yang harus menjadi pegangan kita pertama siaga. Kedua tanggap, ketiga galang. Ini harus dicamkan di seluruh unsur yang terlibat dalam menghadapi musim penghujan,” jelas Anies.

Sementara itu Koordinator Baznas (Bazis) Tanggap Bencana DKI Jakarta Yudiman, mempimpin langsung apel yang melibatkan seganap relawan Baznas (Bazis) Tanggap Bencana (BBTB) Provinsi DKI Jakarta dan Relawan Masjid Tanggap Bencana (MTB) Provinsi DKI Jakarta di JICT II, Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Relawan tersebut berjumlah 50 orang, yang terdiri dari 30 anggota relawan BBTB dan 20 anggota relawan MTB.

Selain apel kesiapsiagaan musim hujan, Baznas (Bazis) DKI Jakarta juga membuka posko layanan dapur air yang menyediakan minuman teh hangat dan roti sebanyak 500 pcs. (*)

  • Bagikan