KWT adalah Para Wanita Produktif di tengah Pendemi Covid-19

  • Bagikan

Kelompok Wanita Tani (KWT), warga Kelurahan Babakan Kota Tangerang. Adalah salah satu kelompok yang turut berperan dalam program ketahanan pangan yang di galakan di tengah pendemi Covid-19.

Dimana Mereka sukses mengolah lahan 15×24 meter, dengan melakukan budidaya beragam sayuran. Mulai dari organik hingga hidroponik.

“Kami bangun KWT ini sejak 2013, alhamdulillah hingga saat ini lahan KWT ini sangat dimanfaatkan masyarakat sekitar. Terlebih bagi mereka yang terdampak dan terpapar Covid 19,” ungkap Ketua KWT Mawar Berseri Lilik Utami, Jumat (18/9/20).

Ia pun menuturkan, hasil panen tak hanya diperjual belikan. Seperti jahe yang sukses diolah ibu-ibu menjadi minuman kemasan cepat saji.

Tak sampai disitu, hasil panen KWT Mawar Berseri pun turut dibagikan secara rutin ke rumah-rumah masyarakat sekitar yang terdampak secara ekonomi maupun yang tengah melakukan isolasi mandiri akibat Covid 19.

“Kami rutin setiap minggunya mengirim kepada mereka yang terdampak, yang kena PHK dan sebagainya. Kami juga rutin kirim ke rumah-rumah yang dinyatakan positif, yang sedang isolasi, sulit keluar rumah. Insyaallah kami bantu suplai sayuran sehat,” jelas Lilik.

Sementara itu, Camat Tangerang, Achmad Zuldin, mengatakan, program ketahanan pangan saat ini memang sedang digencarkan. Terlebih, kondisi pandemi saat ini yang difokuskan untuk kepedulian dan berbagi.

“Ribuan bibit terus disuplai mulai dari kecamatan dan DKP. Selanjutnya, bisa dibagikan ke masyarakat sekitar untuk dilanjutkan proses penanamannya dan dinikmati manfaatnya. Tak terkecuali mereka yang sedang isolasi mandiri,” ungkapnya.

Dengan program ini, masyarakat penerima manfaat pun meresponnya dengan antusias. “Berguna banget, kalo begini jadinya bisa ngurangin biaya belanja harian untuk di rumah,” kata Supiah, salah seorang terdampak Covid 19.(*)

  • Bagikan