Satu Tahun Pemerintahan Jokowi-Ma’ruf Amin: Publik Belum Puas

  • Bagikan

Satu tahun pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin belum menunjukkan kinerja yang memuaskan.

Dilansir dari kompas.com, berdasarkan hasil survei Litbang Kompas, sebanyak 46,3 persen responden merasa tidak puas dengan pemerintahan Jokowi-Ma’ruf Amin selama satu tahun terakhir.

Dalam survei yang dilakukan terhadap 529 responden selama 14-16 Oktober 2020 itu, 6,2 persen responden menyatakan sangat tidak puas.

Di sisi yang lain, responden yang merasa puas sebanyak 39,7 persen dan 5,5 persen responden merasa sangat puas.

Sementara itu sebanyak 2,3 persen responden menyatakan tidak tahu.

Survei tersebut dilakukan dengan metode wawancara telepon terhadap 529 responden yang berusia minimal 17 tahun di 80 kabupaten/kota di 34 provinsi.

Survei ini memiliki tingkat kepercayaan sebesar 95 persen dengan irpencuplikan atau margin of error sekitar 4,3 persen.

Survei Litbang Kompas tersebut juga melihat tingkat kepuasan responden terhadap kinerja pemerintahan Jokowi-Ma’ruf Amin di bidang perekonomian, politik dan keamanan, penegakan hukum serta kesejahteraan sosial.

Bidang kesejahteraan sosial memiliki persentase kepuasan yang paling tinggi dibanding bidang lainnya.

Sebanyak 48,8 responden mengaku merasa puas atas kinerja Joko Widodo-Ma’ruf Amin di bidang kesejahteraan sosial dan 3,4 persen merasa sangat puas.

Di bidang yang sama, 41 persen responden merasa tidak puas, 5,5 persen merasa sangat tidak puas, dan sisanya menjawab tidak tahu.

Kemudian, di bidang politik dan keamanan, 2,1 persen responden merasa sangat puas, 42 persen merasa puas, 46,7 persen merasa tidak puas, 6 persen merasa sangat tidak puas, dan sisanya mengaku tidak tahu.

Bidang berikutnya adalah perekonomian. Responden yang mengaku sangat puas sebesar 2,3 persen. Sementara, 40,3 persen responden mengaku puas.

Masih di bidang perekonomian, persentase mereka yang tidak puas sebesar 49,7 persen, yang sangat tidak puas sebesar 6,2 persen, dan 1,5 persen menjawab tidak tahu.

Terakhir, bidang penegakan hukum. Di bidang ini, lebih dari setengah responden merasa tidak puas atau sebesar 54,4 persen. Sebesar 10,2 persen responden bahkan merasa sangat tidak puas.

Di sisi lain, 30,2 persen responden mengaku puas, 2,1 persen merasa sangat puas, dan 3,1 persen menjawab tidak tahu. (*)

  • Bagikan