Selamat, Jakarta Raih Kota Terbaik di Dunia dalam Suistanable Transport Award 2021

  • Bagikan

Kota Jakarta berhasil mendapatkan penghargaan sebagai kota terbaik dalam Suistanable Transport Award (STA) 2021.

Keberhasilan ini tidak lepas dari program integrasi antar-moda transportasi publik yang dijalankan dalam beberapa tahun terakhir.

Jakarta berhasil mengalahkan puluhan kota besar dunia lainnya, seperti Auckland, Bogota, Buenos Aires, Charlotte, Frankfurt, Moscow, San Francisco dan Sao Paulo.

Kemenangan Jakarta ini diumumkan pada acara Mobilize Virtual Summit 2020, Jumat (30/10/2020).

“Ini kemenangan Jakarta yang kedua, tahun lalu kita juara dua. Jakarta terus berinovasi dan berhasil mengalahkan puluhan kota besar dunia lainnya, seperti Auckland, Bogota, Buenos Aires, Charlotte, Frankfurt, Moscow, San Francisco dan Sao Paulo,” kata Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dalam unggahan di Facebook, Sabtu (31/10/2020).

Sustainable Transport Award adalah ajang penghargaan tahunan yang menilai perbaikan mobilitas kota dan inovasi sistem transportasi.

Dalam STA, visi, konsep dan eksekusi yang dijalankan setiap kota dinilai oleh komite juri yang terdiri dari lembaga-lembaga global seperti Institute for Transportation and Development Policy (ITDP), Bank Dunia, International Council for Local Environmental Initiatives (ICLEI), dan lembaga yang lain.

Pemerintah Provinsi DKI, BUMD dan para pemangku kepentingan transportasi Jakarta dinilai berhasil menghadirkan berbagai inovasi untuk meningkatkan mutu transportasi di Jakarta.

Inovasi itu di antaranya perluasan jalur dan penambahan fasilitas sepeda, revitalisasi halte dan trotoar, penataan fasilitas pejalan kaki di kampung-kampung, dan integrasi berbagai moda transportasi publik.

“STA 2021 ini adalah kemenangan warga Jakarta, tak lepas dari kolaborasi dengan warga, pegiat transportasi untuk desain wayfinding, inovasi bus listrik, dan mikrotrans AC,” imbuh Anies.

Pengguna transportasi publik di Jakarta mengalami kenaikan, bahkan Februari yang lalu, pelanggan harian TransJakarta mencatat rekor sebanyak 1 juta pelanggan.

“Pandemi tahun ini memang memaksa kita beradaptasi, dengan pembatasan kapasitas transportasi publik dan protokol kesehatan ketat. Tapi positifnya pada saat pandemi ini, pesepeda di kota Jakarta justru meningkat pesat,” kata Anies.

“Pada warga Jakarta, penghargaan ini dipersembahkan. Kita bersyukur dan bersyukur, atas pengakuan dunia ini, selamat untuk warga Jakarta!” pungkas Anies Baswedan. (*)

  • Bagikan