BPIP Apresiasi Lomba Tarik Tembang Kebangsaan

  • Bagikan

Lebak,-Perlombaan tarik tembang Kebangsaan yang digelar Lembaga Penyiaran Publik Lokal Kabupaten Lebak, Banten mendapat apresiasi Badan Pembinaan Ideologi Pancasila.

Kegiatan dalam rangkaian memperingati Hari Ulang Tahun Republik Indonesia Ke-75 itu dinilai telah menjaga tata nilai pembudayaan Pancasila dan Nasionalisme.

“Kami cukup apresiasi, karena ini kan bentuk menjaga tata nilai-nilai Pancasila, proses penanaman nilai kami yakin terus dijaga masyarakat, relawan kebajikan, komunitas maupun Pemerintah Daerah,” ucap Direktur Pembudayaan Irene Camelyn Sinaga,AP.,M.Pd saat diwawancara senin, (31/8/2020).

Menurutnya kegiatan-kegiatan pembudayaan tersebut perlu dilakukan pembinaan, pendidikan dan pelatihan sehingga menjadi aksi-aksi pembudayaan ideologi Pancasila. Hal tersebut juga menjadi tugas bersama BPIP sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya dan relawan kebajikan, komunitas dan Pemerintah.

“Pembudayaan itu kan dari hulu ke hilir dari cara proses melakukannya, memberikan pemahaman keyakinan, kepercayaan sampai mereka melakukan sampai menjadi kebiasaan. Tetapi, pembudayaan tidak harus melakukan sendiri ini perlu sinergitas antara deputi atau direktur serta relawan kebajikan dan pemerintah,” jelasnya.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lebak Doddy Irawan mengaku kegiatan tersebut sebagai bentuk menumbuh kembangkan semangat Nasionalisme dan mengenang jasa-jasa para pahlawan yang gugur dalam medan perang.

Ia berharap perlombaan yang diikuti puluhan generasi milenial ini sebagai bentuk mempertahankan budaya Indonesia yang mulai tergerus oleh budaya asing.

“Kami minta semangatnya sebagai generasi muda dalam mengisi kemerdekaan dengan menjiwai lagu-lagi kebangsaan,” ucapnya saat menghadiri acara tersebut di Rangkasbitung.

Perlombaan yang disiarkan langsung melalui radio Multatuli FM itu diharapkan dilakukan secara rutin sehingga pembudayaan nilai-nilai Pancasila, Kebangsaan dan Nasionalisme tetap terjaga.

“Kami juga berharap kepada pemenang tidak melihat nilai hadiahnya melainkan bentuk semangat dan karyanya tetap ditingkatkan sehingga berharap melalui event ini bisa ke tingkat nasional,” tuturnya.

  • Bagikan