Cegah Bencana Tsunami, KSB dan Tagana Pandeglang Akan Tanam Bibit Mangrove Diwilayah Pesisir Pantai

  • Bagikan

Dalam upaya mencegah berbagai bencana di Kabupaten Pandeglang terutama bencana tsunami, Kampung Siaga Bencana (KSB) dan Tagana Pandeglang akan melakukan gerakan tanam (Gertam) bibit mangrove di kawasan pesisir pantai hal tersebut diketahui saat Ketua KSB Pandeglang Beni Madsira melakukan pertemuan dengan Bupati Pandeglang Irna Narulita di Pendopo, Senin (11/1/2021).

“Betul, kami akan melakukan aksi gerakan menanam pohon mangrove di kawasan pesisir pantai diantaranya kawasan pantai Kecamatan Labuan dan Carita, hal ini kami lakukan sebagai upaya meminimalisir apabila terjadi bencana tsunami.” kata Beni

Lebih lanjut Ia mengatakan adapun penanaman bibit pohon mangrove ini rencananya akan kami lakukan pada bulan maret mendatang, dengan jumlah bibit pohon mangrove yang akan ditanam sebanyak lima ribu pohon dan saat ini sudah kami pelihara.

“Penanaman bibit pohon mangrove ini merupakan program Pemerintah Pusat melalui Kementerian Sosial, adapun teknis penanamanya saat ini sedang kita bahas bersama Bupati Pandeglang terkait lokasi mana saja kawasan pesisir pantai yang akan ditanami, sehingga kedepanya penanaman pohon mangrove ini bermanfaat dan mampu mencegah bencana tsunami apabila suatu saat terjadi.” ucap Beni.

Sementara itu, Bupati Pandeglang Irna Narulita dalam kesempatan pertemuan tersebut menyampaikan apresiasi kepada semua pihak yang terlibat dalam kegiatan kemanusiaan.

“Tidak sembarang orang yang mau menjadi relawan, karena jadi relawan itu membutuhkan mental yang kuat dan penuh keiklasan dalam menangani berbagai bencana, baik bencana tsunami, longsor, banjir dan bencana lainya, Pemkab Pandeglang sangat mengapresiasi, berkat perjuangan para relawan dalam penanganan bencana Pemerintah sangat terbantu sekali.” kata Irna.

Ia menambahkan rencana aksi gerakan tanam pohon mangrove di kawasan pesisir pantai tentu saja sangat bermanfaat untuk kelestarian alam dan keselamatan kita semua.

“Oleh karena itu Pemkab Pandeglang akan terus mendukung kegiatan, apalagi gerakan tanam pohon ini untuk keberlangsungan hidup manusia, “ujarnya.

  • Bagikan