Meninggal Karena COVID-19, Hasil Swab Ketua KPU Tangsel Baru Diumumkan Pasca Pencoblosan

  • Bagikan

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) Bambang Dwitoro meninggal dunia di Rumah Sakit Sari Asih, Ciputat, akibat COVID-19 pada Sabtu (12/12/2020).

Almarhum telah dirawat di RS tersebut sejak Kamis (03/12/2020) dan hasil swab keluar pada Sabtu (05/12/2020) malam.

Yang mengherankan, kabar positifnya Ketua KPU itu baru diumumkan pasca pemungutan suara Pilkada 2020.

Pelaksana harian (Plh) Ketua KPU Tangerang Selatan M Taufik mengatakan pengumuman itu dilakukan pasca pencoblosan karena khawatir partisipasi pemilih di Pilkada Tangerang Selatan 2020 akan menurun drastis.

“Kalau diumumkan sebelum atau menjelang pelaksanaan pemungutan suara, itu tingkat partisipasi maupun keterpanggilan masyarakat akan turun drastis dengan mendengar karena Ketua KPUnya terkena COVID-19,” ujar Taufik, Jumat (11/12/2020), yang dikutip dari kompas.com.

Taufik mengatakan hal tersebut disampaikan bukan untuk menutup-nutupi adanya penularan COVID-19 di lingkungan KPU Tangsel.

“Jadi mohon maklum. Tentu ini bicara masalah psikologi masyarakat, kira-kira gitu ya. Bukan berarti kita menutup-nutupi,” kata Taufik.

Taufik mengaku sudah melakukan langkah preventif untuk mengantisipasi penularan COVID-19 di lingkungan KPU Tangsel.

“Tetapi yang terpenting preventif kita. Dari tanggal 3 Desember itu, ketua sudah kita isolasi supaya tidak berinteraksi dengan siapa pun,” sambungnya. (*)

  • Bagikan