Peresmian Mal Pelayanan Publik Kota Tangerang Selatan, Diresmikan Oleh Menteri PANRB

  • Bagikan

Mal Pelayanan Publik merupakan wujud nyata dari upaya pemerintah dalam hal peningkatan kualitas sistem birokrasi di Indonesia.

Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) Republik Indonesia Nomor 23 tahun 2017 tentang Penyelenggaraan Mal Pelayanan Publik menyatakan bahwa mal pelayanan publik ditujukan untuk memberikan kemudahan, kecepatan, keterjangkauan, keamanan, dan kenyamanan kepada masyarakat dalam mendapatkan pelayanan dan meningkatkan daya saing global dalam memberikan kemudahan berusaha di Indonesia.


MPP Kota Tangerang Selatan adalah MPP yang ke-38 di Indonesia dan yang ke-2 di Propinsi Banten yang telah diresmikan oleh Kementerian PAN-RB dengan karakterisktik sesuai dengan daerah masing-masing dari segi pengintegrasian layanan, pengintegrasian sistem, maupun sarana prasarana yang dimiliki.

Pendirian MPP tentunya memerlukan komitmen yang kuat dari kepala daerah beserta jajarannya. Keberadaan MPP ini menandakan adanya keseriusan Pemerintah dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat secara efektif dan efisien dalam satu lokasi dan satu gedung pelayanan.


MPP Kota Tangerang Selatan yang dibangun di area Pusat Pelayanan Publik Cilenggang, menempati area seluas ±1985 m² dan dengan kapasitas bangunan ± 5208 m² yang secara total terdiri atas delapan lantai.

Tiga lantai akan digunakan untuk operasional MPP dimana masyarakat akan dapat mengakses 212 layanan perizinan dan non perizinan dari 16 instansi vertikal, BUMN dan BUMD diantaranya DPMPTSP, Bapenda, Disdukcapil, Imigrasi, Badan Pertanahan Nasional, Polres Tangsel, Kejaksaan Negeri, Pengadilan Negeri, Kemenag, Pengadilan Agama, BPJS ketenagakerjaan, KPP Pratama, PT.PLN, Bank BJB dan PT.PITS.

MPP Tangsel senantiasa mengedepankan proses bisnis yang efektif dan efisien serta pendekatan yang berorientasi pada hasil.

MPP Kota Tangerang Selatan dilengkapi dengan berbagai fasilitas pendukung yang modern seperti mesin booking antrian (queuing booked machine), fasilitas anjungan layanan mandiri, tv monitor antrian (display wall), closed-circuit television (cctv), investment lounge, Gerai Nikah, Auditorium, Co-Working Space, klinik kesehatan, sarana ibadah, pojok bermain anak, pojok konsultasi dan pengaduan, pojok laktasi, pojok baca, ruang tunggu prioritas dan cafetaria.

Disamping fasilitas tersebut, dalam rangka memberikan kenyamanan kepada kaum difabel, terdapat juga sarana dan prasarana lain seperti penyediaan parkiran khusus difabel, adanya kursi roda, jalur landai, ruang tunggu,toilet, dan juga guiding block dan loket khusus disabilitas.

Penyediaan fasilitas ini ditujukan untuk memberikan kenyamanan bagi masyarakat Kota Tangerang Selatan dalam proses pelayanan publik.


Dalam situasi pandemi covid-19 saat ini, MPP Kota Tangerang selatan juga menyiapkan berbagai fasilitas dalam rangka penerapan protokol kesehatan seperti thermal scanner, wastafel cuci tangan, hand sanitizer dan pemasangan poster-poster pengumuman protokol pencegahan covid-19.


Beberapa poin penting terkait dengan hadirnya MPP di Kota Tangerang Selatan ini antara lain :

Inovasi pelayanan publik dengan memanfaatkan teknologi informasi akan menjadi selalu menjadi agenda utama MPP Tangsel dalam upaya transformasi pelayanan publik.

Semangat yang diusung adalah melakukan inovasi untuk transformasi tata kelola pemerintahan yang makin profesional, cepat, efektif, adaptif agar mampu menjawab tuntutan masyarakat yang berubah ubah setiap saat.

MPP Tangsel diarahkan untuk dapat membangun sistem perizinan yang cepat dan terintegrasi, sehingga dapat cepat beradaptasi dengan kondisi pasar dan dapat menarik investasi sebesar-besarnya, serta dapat mengembangkan UMKM sebagai pilar ekonomi di daerah.

Peran aktif masyarakat dalam kegiatan pelayanan publik akan dilibatkan melalui skema Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) maupun Forum Konsultasi Publik (FKP).
MPP Tangsel akan mengedepankan upaya peningkatan kapasitas Sumberdaya aparatur dalam rangka memberikan pelayanan yang mengedepankan konsep customer oriented.

  • Bagikan