PMI Kota Tangerang: Ada Permintaan 183 Kantong Plasma Konvaselen

  • Bagikan

TANGERANG – PMI Kota Tangerang sudah menyalurkan lebih dari 300 kantong darah plasma konvaselen hingga Minggu (31/1/2021). 

PMI Kota Tangerang mengharapkan penyintas Covid-19 untuk mendonasikan plasma konvaselen.

“Sudah 305 kantong yang kami distribusikan kepada rumah sakit terkait permohonan darah plasma konvaselen untuk membantu penyembuhan pasien Covid-19,” urai Kepala Biro Humas PMI Kota Tangerang Ade Kurniawan kepada awak media, Minggu siang.

Di sisi lain, PMI Kota Tangerang mencatat ada 183 antrean atau permintaan darah plasma konvaselen dari berbagai rumah sakit di Kota Tangerang. Adapun dari 183 permintaan itu terdiri dari 62 kantong darah golongan A, 48 kantong darah golongan B, 51 kantong darah golongan AB.

“(Sebanyak) 183 antrean itu berdasar catatan kami sampai tanggal 30 Januari 2021,” kata Ade.

Kendati demikian, lanjut Ade, pihaknya akan mengirimkan sisa 16 stok plasma konvaselen yang mereka miliki ke beberapa rumah sakit yang membutuhkan.

“Kemungkinan hari ini, kami  kirimkan ke rumah sakit yang mengajukan permintaan stock tersebut,” ujarnya.

Di satu sisi, Ade mengungkapkan bahwa terdapat 120 warga Kota Tangerang yang telah mendonorkan plasma konvaselennya di PMI Kota Tangerang.

“Jumlah tersebut kami perkirakan akan terus bertambah seiring sosialisasi yang gencar kami lakukan,” tutur dia.

Dengan demikian, Ade menghimbau agar penyintas Covid-19 dapat mendonasikan plasma konvaselennya dengan mendatangi PMI Kota Tangerang. Untuk mengetahui, Badan Pengawas Obat dan makanan (FDA) Amerika Serikat (AS) mengizinkan plasma konvaselen atau plasma darah untuk pengobatan penyakit Covid-19.

Oleh karenanya, PMI Kota Tangerang telah membuka layanan donor plasma konvaselen sejak Selasa (15/12/2020) lalu. Layanan tersebut dibuka setiap hari, mulai pukul 08-00 hingga 22.00 WIB.

  • Bagikan