Kehidupan Masyarakat Sangat Kompleks, PSBB di Tangsel Tidak Bisa Dilihat Secara Hitam-Putih

  • Bagikan

Kompleksitas kehidupan masyarakat Kota Tangerang Selatan (Tangsel) menjadikan respon atas penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di kota tersebut sangat beragam.

Tokoh perempuan Tangsel, Ria Dahlia dalam diskusi virtual yang diadakan oleh Klik TV dengan tema “Bisakah Tangsel Normal di Masa New Normal”, Rabu (18/06/2020), mengatakan pandemi Covid-19 ini menghadapkan masyarakat Tangsel pada kondisi yang menyulitkan.

“Misalnya pilihan apakah harus tetap di rumah tanpa ada pekerjaan atau penghasilan, atau harus keluar rumah dengan risiko kemungkinan tertular?” jelas Ria.

Ria menyebutkan tidak sedikit masyarakat Tangsel yang sudah merasa bahwa pandemi ini telah menjadi bagian dari kenyataan hidup yang harus dihadapi. Tapi, mungkin juga ada sebagian lain yang kondisinya tidak memungkinkan membuat banyak pilihan. Terutama terkait dengan kondisi kehidupan perekonomian.

Kondisi ini, menurut Ria Dahlia, tidak bisa dilihat secara hitam-putih.

“Saya kira tidak seperti itu. Masyarakat Tangsel, memiliki kompleksitas. Baik dari sisi kebutuhan, kondisi sosial-perekonomian, dan kondisi-kondisi yang lain,” kata Ria Dahlia.

Di tengah perpanjangan masa penerapan PSBB, Ria menyatakan masih ada harapan bagi masyarakat Tangsel untuk mengakhiri pandemi Covid-19 ini.

“Ketaatan untuk social distancing saya kira cukup baik. Informasi media yang saya baca menunjukkan grafik yang bisa memberikan harapan bahwa pandemi ini bisa kita lalui,” tambah Ria.

Menurut Ria, kehidupan di masa perpanjangan PSBB ini akan menjadi masa yang sangat penting bagi masyarakat Tangsel sebelum beralih pada kehidupan normal baru atau new normal.

Masyarakat dituntut untuk lebih sadar dalam menerapkan protokol kesehatan, terutama di ruang publik.

Dengan begitu, masyarakat Tangsel akan terbiasa dengan kehidupan di tengah Covid-19 dan new normal menjadi peluang untuk menjalani kehidupan yang lebih baik.

“Karena itulah, prosedur atau protokol kesehatan untuk menjaga diri kita masing-masing, adalah sesuatu yang seharusnya sudah melekat pada diri pada masa New Normal,” kata Ria Dahlia.

  • Bagikan