Mendag RI pada Seremoni Serah Terima Keketuaan ASEAN Business Advisory Council

  • Bagikan

Menteri Perdagangan RI, Zulkifli Hasan menghadiri Seremoni Serah Terima Keketuaan ASEAN Business Advisory Council (ABAC) yang diselenggarakan di Hotel Shangri-La, Jakarta, Senin (30 Jan).

Dalam sambutannya, Mendag menyampaikan bahwa saat ini, perdagangan global mengalami kondisi yang sulit, termasuk perdagangan intra-ASEAN yang mengalami pertumbuhan stagnan sejak 2008, yaitu berkisar 21–25 persen. Padahal, ASEAN memiliki potensi perekonomian yang besar, salah satunya sektor logistik.

Mendag menjelaskan, selain di bidang perdagangan, peningkatan investasi juga penting karena akan menjaga tingkat pertumbuhan dan daya saing di kawasan dan global. Hal tersebut perlu didukung dengan langkah-langkah konkret melalui tujuh Prioritas Ekonomi Indonesia 2023 yang dibagi menjadi tiga kelompok utama, yaitu pemulihan dan pembangunan kembali, ekonomi digital, dan ekonomi berkelanjutan.

Mendag berharap, ABAC Indonesia dapat menjalankan tugas melalui penguatan hubungan dengan pemerintah dan para pemangku kepentingan. Mendag juga meminta dukungan ABAC, khususnya dalam pencapaian tujuh Prioritas Ekonomi Indonesia di ASEAN dan empat kegiatan unggulan di bawah pilar ekonomi dalam menyukseskan Indonesia sebagai Ketua ASEAN tahun ini.

Turut hadir pada acara ini Sekretaris Jenderal ASEAN, Kao Kim Hourn; Duta Besar Jepang untuk ASEAN, Kiya Masahiko; Ketua Umum Kadin Indonesia sekaligus Ketua ABAC, Arsjad Rasyid; serta Direktur Jenderal Perundingan Perdagangan Internasional, Djatmiko Bris Witjaksono.

sumber: https://www.kemendag.go.id/berita/foto/mendag-ri-pada-seremoni-serah-terima-keketuaan-asean-business-advisory-council

  • Bagikan