Pandemi Covid-19 dan Kebakaran Gedung Tidak Menghambat Kinerja Mensos, Pengamat: Anda Luar Biasa

  • Bagikan

Kebakaran yang melanda gedung Kementerian Sosial (Kemensos) pada Senin (21/09/2020) diyakini tidak menghambat kinerja Kemensos, terutama dalam pelayanan sosial bagi masyarakat kurang mampu yang terdampak Covid-19.

Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Dialektika Rezky Tuanany melalui keterangan tertulis di Jakarta, Selasa (22/09/2020).

Rezky menyebut kehadiran Menteri Sosial (Mensos) Juliari P. Batubara di Pulau Natuna dalam rangka penyaluran bantuan sosial Covid-19 adalah bukti bahwa kebakaran tersebut tidak menghambat kinerja Kemensos.

“Bapak Juliari P. Batubara dan seluruh jajarannya tidak terpengaruh terhadap wabah pandemic dan peristiwa terbakarnya gedung Kementerian Sosial. Kita lihat hari ini bagaimana Menteri Sosial berada di Pulau Natuna, salah satu pulau terluar di Indonesia, guna memastikan penyaluran bantuan sosial kepada masyarakat terdampak covid-19 tepat sasaran sebagaimana arahan Presiden Joko Widodo,” ujar Rezky.

Rezky mengapresiasi militansi Juliari P. Batubara di tengah wabah pandemi ini.

“Anda Luar Biasa,” ungkapnya.

Menurutnya, Mensos telah bekerja total tanpa bergeming sedikitpun untuk memastikan masyarakat fakir miskin di tanah air menerima bansos.

“Dampak wabah pandemic covid-19 ini multidimensi, terutama membuat daya beli masyarakat menurun, faktor dari terkoyaknya ekonomi nasional. Bantuan Sosial sebagai ikhtiar Presiden Joko Widodo melalui Menteri Sosial untuk menjalankan amanat konstitusi, bahwa fakir miskin menjadi tanggung jawab negara. Maka sinergi antar lembaga dan keterlibatan aktif masyarakat dapat menjadi solusi mereduksi dampak krisis saat ini,” tambah Rezky.

Rezky Tuanany yang juga aktivis pergerakan di ibu kota ini menilai bahwa Mensos dan jajarannya memiliki kompetensi di masa adaptasi kebiasaan baru ini untuk menjalankan tugas-tugas kenegaraan.

“Kita lihat bagaimana serapan anggaran Kementerian Sosial makin hari semakin maksimal, ini menjadi salah satu indikator maksimalnya kinerja kementerian,” tutupnya. (*)

  • Bagikan