Sharing for Indonesia: Prodi Manajemen UAI Berikan Pelatihan Laporan Keuangan Bagi UMKM

  • Bagikan

Prodi Manajemen FEB UAI menyelenggarakan kegiatan pelatihan penyusunan laporan keuangan untuk para UMKM, Sabtu 25/09.

Kegiatan yang merupakan rangkaian acara Sharing For Indonesia yang di adakan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Universitas Al Azhar Indonesia.

Pada kegiatan ini jumlah peserta yang terdaftar sebanyak 45 orang sedangkan peserta yang hadir dan tercatat pada pelaksanaan berjumlah 18 orang.

Kegiatan workshop dilakukan melalui dua sesi kegiatan, sesi pertama berupa acara penyampaian materi dan sesi kedua berupa pelatihan pembuatan laporan keuangan menggunakan sistem excel.

Tujuan pelatihan ini sebagai upaya prodi Manajemen FEB UAI mendekati para pelaku usaha terutama para UMKM yang masih belum mempunyai laporan keuangan yang sesuai standar.

Seperti diketahui proses pengelolaan laporan keuangan akan membantu pelaku usaha untuk menilai perkembangan usahanya melalui informasi yang diberikan dalam bentuk laporan keuangan yang terdiri dari neraca, laporan laba rugi dan laporan perubahan modal. Laporan keuangan dibutuhkan oleh semua pelaku usaha, termasuk UMKM.

Laporan keuangan merupakan output dari proses Akuntansi. Penelitian yang dilakukan oleh Rudiantoro dan Siregar (2012) menemukan bahwa laporan keuangan UMKM di Jakarta, Bogor, Depok dan daerah di Jawa belum mempunyai kualitas laporan keuangan yang rendah sehingga UMKM tersebut banyak yang gagal dalam menerima kredit perbankan. Sementara itu menurut Shonhadji dkk (2017), sepanjang UMKM masih  menggunakan  uang sebagai    alat    tukarnya,    akuntansi    sangat dibutuhkan   oleh UMKM.

Ikatan AKuntan Indonesia selaku organisasi yang mengatur PSAK untuk semua pelaku usaha telah mengeluarkan Standar Akuntansi Keuangan (SAK) EMKM yang memberikan aturan dan kaidah pencatatan transaksi untuk EMKM. SAK EMKM diterbitkan efektif 1 Januari 2018 mempunyai ruang lingkup untuk digunakan untuk entitas mikro, kecil dan menengah. SAK ini mempunyai standar yang lebih mudah dipahami dibandingkan SAK sebelumnya untuk EMKM yaitu SAK ETAP (Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik).

Implementasi SAK EMKM dilakukan melalui sosialisasi atau seminar yang dilakukan oleh anggota IAI maupun para akademisi. Tujuan sosialisasi ini dapat memberikan pemahaman yang lebih sederhana dalam pembuatan laporan keuangan yang sesuai standar untuk EMKM.  Atas latar belakang tersebut maka dibuatlah kegiatan pengabdian masyarakat untuk UMKM dengan tema pelatihan pembuatan laporan keuangan untuk UMKM.

Antusias para peserta menyambut positif atas pelatihan ini. Dari data kuisioner yang disebarkan sebagian besar ingin mengikuti pelatihan ini secara berkelanjutan dan dilakukan dengan tatap muka.

Pada pelatihan ini para peserta diberikan pemahaman tentang konsep dasar akuntansi dan  diberikan contoh pembuatan laporan keuangan sederhana dengan menggunakan aplikasi excel.

Laporan keuangan yang dihasilkan dari aplikasi excel ini mencakup  laporan kode akun,  jurnal harian, laporan rugi laba dan neraca serta analisa laporan keuangan secara sederhana. Untuk transaksi diberikan contoh-contoh transaksi sederhana dari mulai pembuatan kode akun, input transaksi dan proses posting ke dalam laporan keuangan.

Pada kegiatan ini sebagai nara sumber adalah dosen prodi Manajemen dibantu oleh para mahasiswa dan alumni prodi manajemen FEB UAI. Setelah pelatihan ini diharapkan para pelaku UMKM mempunyai pemahaman tentang konsep laporan keuangan dan tata cara pembuatannya melalui sistem excel.

Untuk kedepannya, diharapkan pelatihan ini dapat dilakukan secara berkelanjutan dan bila dimungkinkan melalui tatap muka.

  • Bagikan