Siapkan Lahan 1,4 Juta Hektare, Gubernur Kalteng Nyatakan Wilayahnya Siap Sambut Food Estate

  • Bagikan

Gubernur Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), Sugianto Sabran, menyatakan daerahnya telah siap dalam menyambut program food estate atau pertanian terpadu.

”Kami tentu menyiapkan lahan untuk cadangan logistik nasional yaitu sebesar, atas nanti permintaan/petunjuk dari Menhan dan Presiden yang awalnya disiapkan 1 juta hektare tapi setelah konsultasi dengan Menhan diminta menyiapkan 1,4 juta hektare,” kata Sugianto saat memberikan keterangan pers usai mengikuti Rapat Terbatas (Ratas) secara virtual, Rabu (23/09/2020).

Sugianto mengatakan kesiapan daerahnya dalam menyambut food estate tidak lepas dari luasnya wilayah di Kalteng yang mencapai 153.654 kilometer persegi atau sama dengan luasan 15,5 juta hektare, hal ini menjadikan Kalteng sebagai Provinsi terluas setelah Provinsi Papua.

Pada kesempatan tersebut, Sugianto menyampaikan ucapan terima kasih atas kepercayaan Presiden menjadikan daerahnya sebagai tempat food estate.

”Tentu ini harus dijawab dengan kinerja dan tanggung jawab kami selaku wakil pemerintah pusat di daerah dengan Forkopimda (Forum Koordinasi Pimpinan Daerah) provinsi, kami siap dan sinergitas dengan Forkopimda provinsi untuk penyelesaian-penyelesaian di lapangannya,” kata Gubernur Kalteng.

Ia berharap Presiden dan Menhan menyetujui bahwa singkong bisa diadakan cukup di satu tempat, yaitu di Kalimantan Tengah, hulu dan hilirnya, supaya fungsi pengawasannya lebih nyaman karena kalau berada di beberapa tempat maka pengontrolan dan pengawasannya menjadi tidak fokus.

”Intinya Kalimantan Tengah itu ditanam apapun tumbuh. Apel juga tumbuh, ada tempatnya karena daerah dingin daerah utaranya dingin perbatasan dengan Kaltim. Bawang putih juga tumbuh, bawang merah juga tumbuh di Kalimantan Tengah, termasuk sayur–mayur yang lain,” pungkas Gubernur Kalteng. (*)

  • Bagikan