Rudy Gani: Muhammad-Rahayu, Pasangan Bhinneka Tunggal Ika

  • Bagikan

Pemilihan kepala daerah (Pilkada) yang dilaksanakan secara serentak tahun 2020 sudah mulai menjadi topik pembicaraan hangat di masyarakat. Sebanyak 270 daerah yang akan melaksanakan pemilihan, kepada daerah di seluruh Indonesia. Dari 270 daerah, sembilan pemilihan Gubernur dan 224 pemilihan bupati serta 37 pemilihan walikota.

Adapun melihat Pilkada Tangsel, nama figur bakal calon yang sudah mencuat di masyarakat berasal dari kalangan politisi Partai Gerindra, Rahayu Saraswati dan figur tokoh masyarakat tangsel yang saat ini menjadi Sekretaris Daerah Tangsel, Muhammad.

Dalam konteks partai politik, dalam setiap pilkada ada dua indikator yang kadang menjadi bahan pertimbangan dalam menentukan pasangan calon yaitu modal besar dan modal popularitas.

Modal besar umumnya berasal dari kalangan pengusaha dan profesional, meskipun tidak jarang figur pengusaha dan profesional juga memiliki popularitas yang tinggi di tengah masyarakat. Sedangkan modal popularitas, umumnya berasal dari birokrat dan politisi.

Kombinasi antara modal besar dan modal popularitas seringkali menjadi pertimbangan kuat dalam menentukan pasangan calon walikota-wakil walikota di setiap daerah.

Belajar dari kesuksesan dan kemenangan, hendaknya menjadi perhatian bagi partai-partai pengusung calon walikota dan wakil walikota Tangsel pada pilkada 2020 mendatang.

Rudy Gani, Pengamat politik dari Tangsel Institute menyambut baik nama Rahayu Saraswati dan Muhammad. Ia mengatakan Tangsel merupakan kota majemuk. Jadi diperlukan sentuhan pasangan yang berlatar belakang muda dan energik, yang diwakili oleh Rahayu dan Muhammad yang berlatar belakang birokrasi dengan sejumlah prestasi yang dimilikinya.

“Jadi pasangan ini sangat mencerminkan kemajemukan yang ada di Kota Tangsel. Tangsel harus lebih berwarna-warni dengan latar belakang seperti itu, pembangunan akan lebih massif dan tidak dikuasai oleh segelintir pihak. Pasangan Muhammad-Rahayu adalah pasangan yang sangat majemuk dan Pancasilais,” tutur Rudy kepada wartawan di kantor Tangsel Institute, Sabtu, (04/07/2020).

  • Bagikan