Bupati Serang Bakal Lestarikan Pohon Ki Payung yang Tumbang

  • Bagikan

KliksajaBanten.co – Bupati Serang, Ratu Tatu Chasanah berencana melestarikan akar dan batang pohon trembesi di halaman Pendopo Bupati Serang tumbang beberapa waktu lalu.

Tumbuhan besar yang dikenal warga dengan sebutan Ki Payung tersebut tidak akan dibuang karena dianggap menjadi saksi bisu sejarah kabupaten tersebut.

“Pohon yang tumbang ini alhamdulillah tidak ada korban jiwa karena pinter tumbangnya ke sebelah kanan. Memilih posisi yang bagus. Akar kayunya yang ada ini nanti tidak kita buang karena ini bagian dari heritage,” ujar Ratu Tatu Chasanah, Rabu (16/11/2016).

Tatu juga menjelaskan bahwa dalam upaya melestarikan sejarah pohon tersebut, pihaknya akan melakukan konsultasi dan masukan dari para ahli.

“Kita harus minta masukan dari yang ahlinya, harus seperti apa menanganinya. Ini harus dilestarikan karena ini bukan pohon biasa. Pohon langka,” pungkasnya.

Namun Tatu belum bisa memastikan apakah sisa batang pohon yang diyakini sudah tumbuh di lokasi tersebut sejak 200 tahun silam itu akan dipindahkan atau akan tetap di halaman Pendopo.

  • Bagikan