Warga Ibu Kota Rasakan Manfaat Program Bebenah Rumah Baznas (Bazis) DKI Jakarta

  • Bagikan

Program Bebenah Rumah Baznas (Bazis) DKI Jakarta sangat dirasakan manfaatnya oleh warga ibu kota, salah satunya adalah Dadang (50 tahun), warga Jalan Pengarengan Jatinegara, Kecamatan Cakung, Kota Jakarta Timur.

Dalam sebuah video yang dipantau dari Youtube Baznas Bazis Provinsi DKI Jakarta, Dadang mengaku kini bisa istirahat dengan tenang tanpa khawatir akan kebasahan air hujan.

“Bedah rumah dari Baznas (Bazis) DKI Jakarta sangat bermanfaat untuk saya dan keluarga, karena tidak perlu lagi khawatir lagi kalau sedang hujan. Kami dapat beristirahat dengan tenang tanpa kebasahan lagi,” kata Dadang dalam video yang diupload pada Senin (26/10/2020).

Tinggal di sebuah gang kecil di ibu kota, Dadang menceritakan sebelum ada Bebenah Rumah dari Baznas (Bazis) DKI Jakarta ini, rumahnya tidak layak untuk dihuni.

“Saat keadaan hujan, rumah selalu bocor, tidak layak untuk dihuni,” katanya.

Sehari-hari, Dadang mengaku tidak bekerja karena harus merawat bapaknya yang sedang sakit. Aktivitasnya setiap hari adalah memasak, mencuci dan membersihkan rumah.

“Terima program bedah rumah dari Baznas (Bazis) DKI Jakarta, sehingga saya bisa hidup dengan layak, terima kasih,” ungkap Dadang dengan mata berkaca-kaca.

Sementara itu Wakil Ketua Bidang Distribusi dan Pemberdayaan Baznas (Bazis) DKI Jakarta Saat Suharto Amjad menyampaikan bahwa Bebenah Rumah diluncurkan pada 2019 dengan menyasar sebanyak 385 rumah di ibu kota.

“Yang 385 ini telah jadi, telah diserahkan kuncinnya oleh Bapak Gubernur, yang 17 ini adalah terdampak banjir pada tahun baru yang lalu. Khusus untuk yang 17 ini masih dalam proses,” jelas Saat.

Saat Suharto menjelaskan 17 rumah yang belum selesai itu didesain khusus untuk menghadapi banjir. Rumah itu nanti berbentuk panggung, di mana bagian atas untuk tempat tinggal dan bagian bawah untuk fasilitas umum.

Rumah tersebut diharapkan dapat menjadi prototype baru perumahan di ibu kota yang terancam banjir setiap musim hujan tiba.

Untuk tahun 2020 ini, Saat mengungkapkan Baznas (Bazis) DKI Jakarta menargetkan pembenahan 600 rumah di seluruh DKI Jakarta.

“Insya Allah kita target 600 rumah kita benahi, kita perbaiki, bahkan kita bangun kembali,” kata Saat Suharto.

Selain Bebenah Rumah, Baznas Bazis DKI Jakarta juga akan melaksanakan program Bebenah Kampung untuk membenahi kampung-kampung di ibu kota. Rencananya program ini dilaksanakan pada 10 titik di wilayah DKI Jakarta. (*)

  • Bagikan