Pemkab Tangerang Tunjuk UNIS Jadi Tim Independen TKD Pilkades

  • Bagikan

Sesuai amanat Peraturan Bupati Tangerang Nomor 16 Tahun 2021 tentang tata cara pemilihan kepala desa serentak di masa pandemi COVID-19. 

Tahapan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) dan Penggantian Antar Waktu (PAW) sudah mencapai tahap pelaksanaan kerjasama antara ketua panitia Pilkades dengan pihak independen.

Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) memutuskan Universitas Islam Syekh Yusuf (Unis) Tangerang, menjadi tim independen pelaksanaan Test Kemampuan Dasar (TKD) bakal calon kepala desa pada Pilkades Serentak 2021 di Kabupaten Tangerang.

Keputusan tersebut diambil, setelah Universitas Sultan Agen Tirtayasa (Untirta) menyatakan ketidak siapan untuk menjadi bagian tim independen dengan panitia pemilihan kepala desa karena adanya sisi administrasi yang belum sepaham dan adanya kesibukan melaksanakan test seleksi bagi mahasiswa baru.

“Ketidak siapan dari pihak Untirta untuk melaksanakan kerjasama Test Kemampuan Dasar (TKD) Bakal Calon (Balon) Kepala Desa Pilkades Serentak Tahun 2021, ini diterima oleh DPMPD Kabupaten Tangerang pada tanggal 26 April 2021,” kata Kepala Bidang Pemerintahan Desa Pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Kab.Tangerang Syahrizal, S.Sos.,MM, Selasa (27/4/2021).

Akhirnya, Pemkab Tangerang melalui DPMPD memutuskan untuk bekerjasama dengan pihak Unis Tangerang menjadi Tim Independen Teknik Kemampuan Dasar (TKD) Bakal Calon Kades pada Pilkades Serentak 2021.

“Panitia pemilihan kepala desa sudah memutuskan bekerjasama dengan Universitas Islam Syekh Yusuf (Unis) Tangerang, dan sudah tandatangan perjanjian kerjasama yang di fasilitasi oleh panitia pemilihan tingkat Kabupaten Tangerang pada hari Selasa (27/4/2021) Jam 16.00 Bertempat Di Aula Dp3a,” ujarnya.

Sementara itu, Asisten Daerah Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Kabupaten Tangerang, Dr. Hery Heryanto menurutnya, Pemkab Tangerang melalui Dinas Pembedayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) sudah melakukan perjanjian kerjasama dengan Universitas Islam Syekh Yusuf (Unis) Tangerang untuk menjadi tim independen pada Pilkades Serentak 2021 di Kabupaten Tangerang.

“Unis Tangerang ditunjuk jadi tim independen, setelah Untirta Banten membatalkan kerjasama, karena sedang melaksanakan test masuk untuk mahasiswa baru,” kata Hery.

Terkait lokasi pelaksaan test nantinya, kata Hery, DPMPD Kabupaten Tangerang dan Unis Tangerang sudah menentukannya, yakni di Kampus Universitas Multimedia Nusantara (UMN)

Diketahui, berdasarkan lampiran surat Nomor 141/183 DPMPD/2021 diketahui pelaksaan seleksi test tulis yang seluruhnya memakai sistem Computer Assisted Test (CAT), oleh pihak independen akan dilaksanakan pada hari Sabtu (8/5/2021).

  • Bagikan