30 Orang Tewas dalam Kecelakaan Kapal Migran di Yunani

  • Bagikan

Penjaga pantai menemukan 16 mayat, termasuk tiga wanita dan bayi.

Penjaga dan pengawas pantai Yunani mencari korban selamat di Laut Aegea pada hari Sabtu (25/12/2021). Pencarian ini dilakukan setelah adanya beberapa kecelakaan kapal migran terbaru yang telah menewaskan sedikitnya 30 orang hanya dalam beberapa hari.

Jumat malam, penjaga pantai menemukan 16 mayat, termasuk tiga wanita dan seorang bayi, dan menyelamatkan 63 orang dari kapal yang terbalik dan tenggelam di dekat pulau Paros.

Menurut mereka yang diselamatkan, sekitar 80 orang berada di kapal itu. “Diyakini mereka menuju Italia dari Turki,” kata penjaga pantai.

“Para penyelundup yang beroperasi di Cesme dan Bodrum di pantai Turki sedang mengumpulkan para migran di kapal pesiar untuk mengirim mereka ke Italia menggunakan rute baru yang lebih berbahaya,” demikian televisi ERT melaporkan.

“Tiga kapal patroli penjaga pantai, kapal pribadi, sebuah pesawat penjaga pantai serta penyelam mencari lebih banyak korban selamat,” kata pejabat setempat.

Tragedi terbaru – yang ketiga sejak Rabu – terjadi di tengah aktivitas penyelundup yang tinggi yang tidak terlihat di perairan Yunani dalam beberapa bulan.

Beberapa jam sebelumnya, 11 mayat ditemukan dari kapal lain yang kandas di sebuah pulau di utara pulau Antikythera, Yunani, pada Kamis malam.

Penjaga pantai mengatakan pada hari Sabtu bahwa dua migran yang diselamatkan – keduanya pria yang dicurigai sebagai penyelundup – ditangkap.

Sembilan puluh orang yang terdampar di pulau itu berhasil diselamatkan.

Semalam antara Selasa dan Rabu, sebuah kapal yang diperkirakan membawa hingga 50 pengungsi tenggelam di lepas pulau Folegandros, dan belasan orang dikhawatirkan hilang.

‘Tidak Peduli dengan Kehidupan Manusia’

Tiga belas orang berhasil diselamatkan, sementara puluhan lainnya masih hilang, kata pihak berwenang Yunani.

Korban yang selamat memberikan keterangan yang berbeda: Beberapa mengatakan ada 32 orang di dalamnya, sementara yang lain menyebutkan jumlahnya sekitar 50, kata seorang pejabat penjaga pantai kepada AFP.

Yunani adalah salah satu rute utama ke Uni Eropa bagi para pengungsi dan migran dari Afrika, Timur Tengah dan sekitarnya, meskipun arusnya telah berkurang sejak 2015-2016 ketika lebih dari satu juta orang melintasi negara itu ke negara-negara Uni Eropa lainnya.

Badan pengungsi PBB mengatakan kecelakaan Folegandros bisa menjadi yang terburuk di Laut Aegea tahun ini, karena jumlah orang yang tidak diketahui hilang.

“Kapal karam ini adalah pengingat menyakitkan bahwa orang terus memulai perjalanan berbahaya untuk mencari keselamatan,” kata Adriano Silvestri, asisten perwakilan UNHCR di Yunani.

Sebelumnya Jumat, penjaga pantai telah mencegat kapal lain dengan 92 pria dan anak laki-laki di dalamnya setelah kandas di pantai semenanjung Peloponnese.

Tiga tersangka penyelundup yang melarikan diri dari perahu dengan berjalan kaki kemudian ditangkap.

UNHCR memperkirakan bahwa lebih dari 2.500 orang tewas atau hilang di laut ketika mereka mencoba mencapai Eropa dari Januari hingga November tahun ini.

Hampir satu juta orang, terutama pengungsi Suriah, tiba di Uni Eropa pada 2015 setelah menyeberangi laut ke pulau-pulau Yunani yang dekat dengan Turki.

“Saat ini, aktivitas kriminal penyelundup yang tidak peduli dengan kehidupan manusia semakin meningkat, menumpuk puluhan orang yang tertekan, tanpa jaket pelampung, di kapal yang bahkan tidak memenuhi standar keselamatan dasar,” kata Giannis Plakiotakis, Menteri Kelautan, Jumat malam menuding Turki, mengatakan Ankara “membiarkan penyelundup bertindak tidak terkendali.”

Saingan Yunani dan Turki secara teratur memperdebatkan masalah migran. Athena menuduh Ankara menutup mata terhadap orang-orang yang mencoba menyeberang ke anggota Uni Eropa Yunani dan Turki menyangkal tuduhan tersebut.

  • Bagikan