Wali Kota Minta Pembahasan LKIP Dilakukan Secara Komprehensif

  • Bagikan

Wali Kota Tangerang H. Arief R. Wismansyah membuka kegiatan pembahasan Laporan Kinerja Instansi Pemerintah (LKIP) Kota Tangerang tahun 2020 yang digelar secara daring, Rabu (17/2/2021).

“Berbagai kendala yang sedang dihadapi terlebih di tengah pandemi dan cuaca ekstem, tidak boleh menyurutkan semangat Pemkot untuk berinovasi,” ujar Wali Kota dalam acara yang diinisiasi oleh Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Tangerang.

Wali Kota menjabarkan tren positif terhadap penilaian Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP) Pemkot Tangerang harus terus ditingkatkan dengan komitmen untuk memberikan pelayanan yang paripurna kepada masyarakat Kota Tangerang.

“Nilai SAKIP tahun 2019 sebesar 64,67 dan mendapat predikat B, dimana di tahun 2018 nilainya 61,75,”

“Peningkatan ini harus terus dijaga melalui perencanaan program yang matang,” tegas Arief.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Tangerang Sugiharto Ahmad Bagdja menambahkan kegiatan pembahasan LKIP merupakan salah satu bentuk manifestasi dari evaluasi semua rangkaian yang telah dilakukan selama satu tahun anggaran dan dilakukan dalam tiga hari mulai tanggal 17 – 19 Februari 2021.

“Antara OPD dengan Bappeda serta Inspektorat terkait dokumen LKIP yang nantinya akan menjadi bagian dari dokumen LKIP Kota Tangerang tahun 2020,” ungkap Kaban.

Dalam pembahasan ini, lanjut Ugih, perlunya dilakukan evaluasi terkait program, kegiatan dan komponen anggaran dengan mengacu pada Indikator Kinerja Utama (IKU) serta evaluasi terhadap efektivitas dan rumusan program Pemkot Tangerang.

“Sehingga akan lebih memberikan manfaat dalam rangka peningkatan kesejahteraan masyarakat Kota Tangerang,” tukas Ugih

  • Bagikan