Tanggulangi Pengangguran, Pemkot Tangerang Bentuk 104 Balai Latihan Kerja

  • Bagikan

Pandemi covid-19 yang sudah berlangsung sejak bulan maret 2020 lalu memberikan Imbas yang sangat besar bagi perekonomian masyarakat. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya jumlah pengangguran.

Dalam waktu dekat ini, Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang akan membentuk Balai Latihan Kerja (BLK) di tingkat kelurahan. Hal ini merupakan upaya lanjutan pemkot untuk menanggulangi masalah pengangguran, dimana sebelumnya juga pemkot sudah mengadakan Virtual Job Fair dan juga membantu memberikan modal kepada para pengusaha baru melalui program “Tangerang Bisa“.

“Kita sudah anggarkan di anggaran perubahan, rencananya kita mulai bulan Oktober nanti,” ujar Kepala Bappeda, Sugiharto Achmad Bagdja, saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (30/09).

104 BLK yang ada di kelurahan tersebut, nantinya akan melakukan pelatihan berbagai macam pelatihan mulai dari Fotografi dan Videografi, Membuat Vlog, Content Creator, Perbengkelan, Las, Service Elektronik, Sablon, Membatik, Barista, Packaging makanan dll.

“Minimal satu kelurahan nanti harus melaksanakan 5 (lima) pelatihan, dengan jumlah peserta masing-masing 20 peserta,” jelasnya.

“Kita targetkan ada 12 ribu warga yang terlatih, sehingga mereka bisa berwirausaha mandiri atau bekerja di tempat yang membutuhkan jasa mereka,” tuturnya.

Sementara itu, menjawab soal tehnis pelatihannya, Ugi menerangkan bahwa pelatihannya nanti bisa online dan juga offline dengan menggunakan gedung kantor kelurahan.

“Jadi nanti pelatihannya online dan offline. Untuk yang offline pelatihannya nanti bisa memanfaatkan gedung kantor kelurahan yang sudah ada, karena kita tidak membangun gedung baru,” paparnya.

“Pelaksanaannya pun akan dibina langsung oleh OPD terkait, seperti Disnaker, DisperindagUMKM, Dinas LH, dan DKP,” pungkasnya.

  • Bagikan