Hari Dokter Nasional, Anies Kenang Peran Tjipto Mangunkusumo dalam Penanganan Wabah Pes

  • Bagikan

Gubernur DKI Jakarta Anies Bawedan mengenang sosok Tjipto Mangunkusumo dalam penanganan wabah Pes di Malang pada tahun 1910.

Dalam video menyambut hari dokter nasional pada Sabtu (24/10/2020) yang diunggah di akun facebooknya, Anies mengatakan di saat semua orang menghindari kota Malang, Tjipto malah memutuskan untuk berangkat ke Malang, menyelematkan sesama.

“Ketika semua orang menghindari, dia malah mengambil langkah untuk berangkat ke sana dan menyelamatkan sesama. Peristiwa itu dikenang sampai sekarang. Keberanian untuk mengambil pilihan yang sulit, tidak mudah, demi menyelamatkan sesama,” ujar Anies.

Anies berharap spirit Tjipto tertular kepada dokter-dokter yang tergabung dalam Ikatan Dokter Indonesia (IDI), terutama dalam penanganan pandemi COVID-19.

Pada usian yang ke-70, Anies berharap IDI tetap menjadi soko guru yang dapat dipercaya masyarakat dan menjadi rujukan terkait langkah-langkah penanganan masalah kesehatan yang ada di Indonesia.

“IDI terus menjadi soko guru, terus menjadi pilar untuk menjaga seluruh masyarakat memastikan bangsa ini melewati pandemi,” ujar Anies.

Anies menyampaikan 70 tahun perjalanannya, IDI telah menunjukkan satu rentang perjuangan dalam profesi yang tak kenal lelah. Anies menyebutnya sebagai pengabdian untuk kemanusiaan.

Kini di masa pandemi COVID-19, para dokter dan tenaga kesehatan menjadi pertahanan untuk menyelamatkan sesama.

Menutup videonya, Anies berharap agar seluruh insan yang terlibat dalam penanganan COVID-19 dapat diberikan kesehatan sehingga selalu prima. (*)

  • Bagikan