Biro Protokol dan Humas Gelar Konsiyering Maksimalkan Persiapan Sidang Tahunan dan Bersama Parlemen

  • Bagikan

Biro Protokol dan Hubungan Masyarakat (Humas) Sekretariat Jenderal (Setjen) DPR RI menggelar konsinyering dalam rangka persiapan jelang pelaksanaan Sidang Tahunan MPR, Sidang Bersama DPR-DPD, dan Sidang RAPBN Agustus 2022 dalam waktu dekat. Kepala Biro Protokol dan Humas Setjen DPR RI Suratna mengungkapkan salah satu hal penting yang dibahas dalam konsiyering itu yakni rundown acara.



Hal itu disampaikan Ratno, sapaan akrab Suratna saat diwawancarai Parlementaria usai memimpin rapat konsiyering Biro Protokol dan Humas Sekretariat Jenderal DPR RI dengan tema ‘Konsiyering Persiapan Penyelenggaraan Sidang Tahunan MPR RI, Sidang Bersama DPR/DPD RI dan Rapat Paripurna DPR RI tentang RAPBN 2023, di Kota Bekasi, Jawa Barat, Jumat (15/07/2021).



“Beberapa hal yang ingin dibahas didalam persiapan sidang tersebut yang pertama adalah menyisir rundown acara. Karena tentu ini wajib dipastikan dari jam ke jam, dari menit ke menit dan dari detik ke detik prosesi kegiatan sidang tahunan MPR RI, sidang bersama DPR RI-DPD RI maupun sidang RAPBN untuk memperoleh kepastian proses dan waktunya,” ujar Ratno.



Tak hanya itu, Ratno menuturkan dalam konsiyering tersebut juga dibahas terkait dengan persiapan pengaturan tata tempat. Mengingat, tandas Ratno, secara keprotokolan tata tempat menjadi hal yang utama dan membutuhkan konsentrasi penuh sehingga pengaturan tata tempat ini juga menjadi perhatian serius yang harus dipersiapkan secara baik oleh Biro Protokol dan Humas Sekretariat Jenderal DPR RI.



Beberapa hal lain terkait persiapan Sidang Tahunan MPR, Sidang Bersama DPR-DPD, Rapat Paripurna Pembukaan Masa Persidang, dan Pidato Presiden tentang RAPBN 2023 ini adalah persiapan set ulang pelaksanaan sidang. Karena, sambung Ratno, terdapat jeda antara sidang tahunan dengan sidang bersama, sehingga membutuhkan persiapan set ulang seperti pengaturan tata tempat, pengaturan tata tempat pimpinan, termasuk tata tempat anggota DPR maupun DPD, para ketua-ketua lembaga, dan juga para duta besar.



“Harapan dari kegiatan konsinyering ini adalah terjalinnya kesiapan dan pemahaman bersama antara MPR, DPR dan DPD khususnya Sekretariat Jenderal. Serta, pengorganisasian kedepan berjalan baik sehingga tidak ada misunderstanding dalam pengorganisasian nantinya di lapangan. Semoga dengan konsinyering ini dari segi kesiapan, pelaksanaan maupun pengorganisasian semuanya bisa berjalan dengan baik,” pungkasnya.

  • Bagikan